Mau Rajin Belajar

Mau Rajin Belajar

“Sesungguhnya ilmu pengetahuan menempatkan pemiliknya dalam kedudukan terhormat dan mulia (tinggi). Ilmu pengetahuan adalah keindahan bagi pemiliknya di dunia dan di akhirat.” (HR Ar-Rabii)

Sungguh mulia kedudukan para orang berilmu. Dari ilmunya, bermanfaat ia di dunia dan mendapat tempat baik ia di akhirat, insya Allah. Untuk memperoleh ilmu tentu tak semudah membalik telapak tangan, banyak perjuangan mesti ditempuh, sekian pengorbanan perlu dilakukan, dan yang pasti harus tekun dan konsisten dalam belajar.

Belajar, kata yang akhir-akhir ini sering kuucap, kudengar, dan kubaca. Semoga tulisan ini bisa membuatku semakin bersemangat untuk belajar. Aku ini bukanlah mahluk yang rajin belajar, tapi aku ingin menjadi itu. Dulu, memang agak-agak bagaimana begitu, kurang terima, jika ada teman yang berkata, “Ih, kamu kok rajin banget sih, Ren…” Rasanya, menjadi anak rajin belajar itu adalah dosa, berlebihan, tidak gaul, dan sebagainya. Tapi sekarang, mau dibilang rajin kek,  tekun kek, kutu rambut buku kek, aku terima-terima saja lah. Masalahnya, aku belum rajin, belum tekun, dan bukanlah kutu buku. Jadi, belum ada yang mengataiku seperti itu. Hiks hiks…

Belajar adalah pekerjaan milik semua orang, dari berbagai jenjang umur, dengan beragam tujuan. Ada yang belajar karena memang pekerjaannya ya harus belajar, belajar, dan belajar. Ada pula yang belajar karena masih banyak ciptaan Allah di muka bumi ini yang perlu dipelajari, diketahui, disingkap, dipecahkan, diteliti, dikagumi, dan dimanfaatkan untuk kemaslahatan manusia. Ada yang belajar supaya bisa mengerjakan pekerjaannya yang lain dengan lebih baik lagi. Dan masih banyak lagi.

Ada yang belajar agar bisa masuk D4, selain supaya pintar, tidak banyak bengong di kosan, menjadi bermanfaat bagi orang lain, dan mendapat tempat yang baik di akhirat.

:P

Apapun tujuannya, yang pasti mempelajari ilmu pengetahuan adalah sesuatu yang bermanfaat. Meski saat ini apa yang dipelajari belum dapat digunakan atau diterapkan, suatu saat nanti, insya Allah akan tiba waktunya ia menjadi bermanfaat buat diri kita dan dunia.

Agar lebih semangat, aku tempel kertas bercoretkan sepuluh tips sukses belajar di dinding kamar kos. Aslinya, itu adalah tulisan di kalender tahun 2009 yang pernah aku beli dari seorang Mbak berjilbab lebar yang datang ke ruangan kerjaku pada akhir tahun 2008. Tahun 2009 Reni belum semangat belajar, sekarang alhamdulillah sudah mendapat sedikit pencerahan, sehingga mulai menyalakan semangat meski mungkin masih redup. :P

  1. Awali dengan doa.
  2. Pahami pelajaran.
  3. Ulangi! Ulangi! Ulangi!
  4. Catat inti pelajaran.
  5. Buat kata kunci rumus.
  6. Pilih waktu belajar.
  7. Bangun suasana nyaman.
  8. Bentuk kelompok belajar.
  9. Latih kemampuan.
  10. Sediakan waktu untuk istirahat.

Mungkin tips di atas lebih tepat ditujukan buat para pelajar -yang memang pekerjaannya ya harus belajar, belajar, dan belajar-, tapi aku butuh sesuatu yang tidak kenal lelah menyemangatiku dalam melahap ilmu. Jadi, dia harus tetap ada disana, menempel terus di dinding atas meja belajarku, meski aku tak mengacuhkannya. Lagipula, sampai sekarang, aku masih merasa berusia pelajar, umur 17-an, dan pekerjaanku ya memang belajar. Pekerjaan menjadi PNS itu hanyalah pekerjaan sampingan. Umur kepala dua hanyalah fatamorgana. Maka dari itu, sesungguhnya tips itu memang tepat buatku.

Hehehe!

Be a life long learner…

5 Responses »

  1. Paling enak belajar sambil tidur ren xixiixixix…
    Kalo ogut salah satu tipsnya ntuk mulai belajar adalah mengingat lagi suatu waktu dimana belajar itu menyenangkan (terutama wktu kuliah dulu hehe)… hanya sebagai trigger aja: )

    fairuzdarin: Emang matanya ga cepet rusak, Kakak..?
    Kalo aku mending belajar sambil duduk. :P
    Makasih atas masukannya, ya..

  2. telat buka
    tapi masih ada psikotest
    sapa tau dapet

    semangaddddddd!

    fairuzdarin: Amiiin.. Semoga kita bisa lanjut ke psikotest ya… Amiiin… Semrangat!

  3. Semangat ren..Q juga lagi berjuang..Kalo cinta belajar mah rasanya sama dg mencintai seseorang yg kita suka..bahagia bisa belajar…:)

    fairuzdarin: Semoga selalu semangaaat… Hosh! Semangat juga ya Kak Fajar, semoga sukses mencapai cita-citamu. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge