Sehat Itu Nikmat

Sehat Itu Nikmat

sehatitunikmat

Judul buku : Sehat Itu Nikmat
Telaah Hadits tentang Kesehatan
Penulis : Muhammad Hasan Ayyid
Penerbit : Gema Insani Press
Jumlah halaman : 96 hal

Terdapat sekian banyak hadits yang membahas masalah kesehatan, dan beberapa hadits tersebut ditelaah di dalam buku ini. Meski judulnya terkait dengan hadits, penulis memaparkan persoalan tidak saja merujuk pada hadits, tetapi juga pada Al Quran.

Dari sekian banyak hadits seputar kesehatan, penulis memilih tiga buah hadits berikut untuk dijadikan landasan utama penyusunan buku:

Pertama…
“Lambung manusia itu tempatnya segala penyakit. Sedangkan pencegahan itu pokok dari segala pengobatan.” (HR Ad Dailami).

Hakikat tentang hadits tersebut adalah sebuah peringatan bagi manusia untuk tidak mengabaikan kesehatan lambung dan organ pencernaan lainnya. Kesibukan sehari-hari membuat sebagian manusia kurang memperhatikan, atau bahkan meremehkan kesehatan organ pencernaan. Makan teratur, makan secukupnya (tidak berlebihan), makan makanan yang bersih, munculnya kesadaran untuk membersihkan mulut, gigi, dan tangan terutama ketika malam sebelum tidur, menghindari sepenuhnya minuman keras, menghindari stress, merupakan beberapa hal yang perlu kita lakukan untuk menjaga kesehatan organ pencernaan kita.

Kedua…
“Ketahuilah sesungguhnya di dalam tubuh manusia itu ada segumpal daging, bila ia baik maka akan sehatlah seluruh tubuh itu; dan jika ia rusak maka akan sakitlah seluruh tubuh itu. Sesungguhnya itu adalah jantung.” (HR Bukhari dan Muslim)

Dalam hadits pertama, sudah disinggung bahwa penyebab penyakit organ pencernaan memungkinkan untuk memunculkan penyakit lain, termasuk penyakit jantung. Kebiasaan merokok, mengkonsumsi makanan kolesterol tinggi, penyakit diabetes, hipertensi, berat badan yang berlebih, stress, dan kurang bergerak dapat menjadi gejala yang mempercepat terjadinya serangan jantung.

Adapun resep untuk para penderita jantung yang termaktub di dalam buku ini antara lain:
a. Disiplin untuk memeriksakan diri ke dokter
b. Menjalani diet/pantangan
c. Mengurangi beban pikiran
d. Banyak istirahat
e. Mengurangi beban kerja
f. Berolahraga yang diijinkan dokter
g. Berdoa selalu untuk memohon kesembuhan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala

Ketiga…
“Kita telah pulang dari medan perang yang kecil dan akan menuju medan perang yang besar! Para sahabat bertanya, “Perang apakah yang lebih besar itu ya Rasulullah?’ Rasulullah Shalallahu ‘Alayhi Wassalam menjawab: “Perang melawan hawa nafsu.” (HR Muslim)

Kesulitan mendisiplinkan diri mengamalkan pantangan (diet), utamanya bersumber dari dorongan hawa nafsu manusia itu sendiri. Hawa nafsu ini yang mendorong manusia untuk melakukan hal-hal yang kurang baik, kecuali jika manusia tersebut telah mendapat rahmat dari Allah Subhana Wa Ta’ala maka orang itu dapat mencegah dan membimbing hawa nafsunya ke jalan yang baik.

Bahasan terakhir dariku, resep untuk menjaga kesehatan yang terangkum di dalam buku ini:
a. Melakukan diet
Pencegahan (diet) adalah pokok dari segala pengobatan.
Pelaksanaan diet seorang penderita harus diawali dengan konsultasi dengan dokter. Namun, kaitannya dengan diet, pada intinya kitalah yang harus bisa menahan diri untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsi makanan dan minuman. Selain itu, dianjurkan juga untuk berpuasa bagi mereka yang menghendaki kesehatan jasmani.
b. Membaca basmalah sebelum makan
c. Membiasakan diri meminum madu
d. Mengkonsumsi jintan hitam
e. Banyak minum air
f. Meminum air zamzam
g. Membiasakan diri berolahraga
h. Banyak bersedekah

Demikian inti sari dari buku tersebut yang bisa aku ambil. Semoga bermanfaat.

Ditulis untuk memenuhi tugas kedua sebagai mahasiswa pemula dengan tema kesehatan.

===

*tulisan ini pernah diposting di blogku yang lain pada 3 Juni 2009

One Response »

  1. terkadang sesuatu itu dianggap penting ketika kita kehilangan, jaga kesehatan sebelum datang sakit…

    fairuzdarin: betul… kita merasakan betul arti sesuatu saat kita udah ga memilikinya lagi… mari menjaga kesehatan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge