Bukavu

Bukavu

bukavu

Judul : Bukavu
Penulis : Helvy Tiana Rosa
Penerbit : PT Lingkar Pena Kreativa
Tanggal Terbit : April 2008
Jumlah Halaman : 228 halaman

Berbagai kisah getir terukir di atas dunia. Manusia berjuang untuk mengatasi penderitaan hidup; melahirkan kisah-kisah luar biasa yang inspiratif. Namun, hanya sedikit orang yang mampu ikut merasa dan peduli meski tidak bersentuhan langsung dengan mereka.

Helvy Tiana Rosa menyentil nurani kita, mengajak kita untuk membuka mata hati pada berbagai peristiwa memilukan yang harus dilalui oleh saudara-saudara kita di luar sana. Melalui karya-karyanya yang terangkum dalam buku kumpulan cerpen Bukavu, Helvy mengungkapkan kisah di balik peristiwa dengan bahasa yang menggugah jiwa.

Sebuah karya fiksi yang bercermin pada kenyataan. Imajinasi sang penulis yang hebat memunculkan karakter tokoh kuat dan menghentak, meski cerita dituturkan dengan bahasa yang santun dan puitis. Prosa yang puitis. Seperti kata Putu Wijaya, cerpen tak sanggup membatalkan Helvy Tiana Rosa dari seorang penyair. Tak hanya itu, rangkaian kalimat yang menyentuh dan mengaduk-aduk perasaan, membuat mata para pembaca berkaca-kaca.

Bukavu adalah kumpulan cerita pendek (cerpen) karya Helvy Tiana Rosa yang tercipta pada tahun 1992 hingga 2005. Helvy Tiana Rosa sendiri adalah salah satu penulis yang kukenal namanya sejak aku masih remaja. Karya-karyanya dulu sering aku temui di majalah Annida. Beliau sendiri pernah memegang amanah sebagai redaktur dan pemimpin redaksi majalah tersebut pada periode 1991-2001. Membaca Bukavu menggiring ingatanku pada cerpen epik yang sering aku baca di majalah Annida itu. :)

===

*tulisan ini pernah diposting di blogku yang lain pada 24 April 2009

One Response »

  1. dipindah ke blog ini pada 19 Februari 2010
    alasan dipindahin: di blog yang itu banyak spamnya, juga loadingnya lama… T_T
    begitupun untuk beberapa postingan lain yang ada keterangan *tulisan ini pernah bla bla bla…

    :P

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge